Program Studi Kedokteran Umum

Profil Program Studi

Program Studi Kedokteran Umum (KU) mencetak dokter-dokter profesional, berakhlak mulia, mandiri dan mampu bekerja interdisipliner adalah proses panjang yang membutuhkan pengabdian dan kerja keras. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS) sangat menyadari hal tersebut sehingga kurikulum merupakan sebuah isu yang sangat penting bagi kami.

Program Studi Kedokteran Umum didirikan pada tahun 2004. Tahap pendidikan terbagi atas Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter. Perkuliahan akan berlangsung di kampus, rumah sakit dan praktek di lapangan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning, dimana mahasiswa sejak duduk di semester awal akan belajar secara integrasi dalam blok-blok yang menggunakan pendekatan tutorial 7 langkah (seven jump). Sedangkan Pendidikan Profesi Dokter akan berlangsung penuh di rumah sakit umum daerah.

Sebagai isu yang sangat penting, kurikulum di KU lahir melalui pemikiran dan pertimbangan yang sangat mendalam, terutama dalam memenuhi kebutuhan dunia kesehatan saat ini dan menjawab tantangan di masa mendatang. Kurikulum yang ada pun harus diselaraskan dengan visi dan misi KU. Dengan menekankan pada pencapaian kompetensi, kurikulum memberikan stimulasi kepada mahasiswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, kritis dalam memahami materi pelajaran, profesional dalam pengelolaan pasien, dan berempati secara tulus.

Pada tahun ajaran 2008/2009 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta mulai menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pendekatan Problem Based Learning (PBL). Kompentensi yang dimaksud adalah kompetensi yang telah ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Sedangkan pendekatan problem based learning yang digunakan adalah utamanya dengan tutorial tujuh langkah (seven jump) dengan menggunakan skenario sebagai pemicu pembelajaran. Strategi pembelajaran lain tetap digunakan secara proporsional.

Fasilitas

Alumni

dr. Astrid Gayatri / Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardi Surakarta

Coment : Tempat belajar berjuang, dan merangkai cita-cita bersama teman-teman sejawat, terus semangat bersama FK UMS

dr. Kusmardanu Setyo Sejati / Rumah Sakit Almah Sungai liat Bangka Provinsi Bangka Belitung

Coment : Setelah 6 tahun perjuangan belajar di FK UMS banyak pengalaman yang sangat berharga terutama dalam bidang dokter keluarga yang Islami.  Maju terus teman sejawat di FK UMS

dr. Tri Agustina

coment : aku bangga menjadi alumni FK UMS, karena FK UMS adalah satu-satunya FK di solo yang berkomitmen dan berusahamembentuk dokter-dokter  masa depan yang berkualitas dan Islami