Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PROFIL LULUSAN

Kompetensi lulusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UMS adalah memiliki kemampuan mengajar anak usia dini yang profesional yang mampu membuat perencanaan pembelajaran yang tepat, melaksanakan pembelajaran yang benar, serta memberikan layanan bimbingan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Disamping itu, lulusan berakhlak mulia dan menguasai model pembelajaran anak usia dini yang sesuai dengan perkembangan IPTEK.

FASILITAS

Fasilitas Program Studi PG-PAUD meliputi ruang kuliah yang representaif dilengkapi dengan AC, LCD, white board, layar (screen), serta didesain dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Selain itu Prodi PG-PAUD memiliki laboratorium Micro Teaching, Laboratorium bengkel karya, serta perpustakaan program studi.

Laboratorium micro teaching merupakan tempat praktek mengajar mahasiswa yang didesain sesuai dengan penataan kelas anak usia dini. Lab micro teaching dilengkapi dengan komputer, AC, LCD dan layar (screen), berbagai macam Alat Permainan Edukatif (APE), serta dilengkapi dengan berbagai alat musik dan properti tari.

Laboratorium bengkel karya merupakan tempat penyaluran kreativitas dan keterampilan mahasiswa. Lab bengkel karya dilengkapi dengan berbagai macam alat dan bahan unuk  pembuatan media pembelajaran, ala permainan edukatif untuk anak usia dini.

Perpustakaan Prodi PG-PAUD mengoleksi buku-buku referensi tentang anak usia dini, buku cerita anak dan baby book yang bisa dimanfaatkan untuk praktek mengajar mahasiswa. Ruang perpustakaan yang nyaman dilengkapi dengan meja baca, komputer dan pelayanan yang baik.

Laboratorium PG-PAUD menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk mahasiswa, diantaranya:

  1. Pelatihan komputer yang dilaksanakan satu tahun sekali untuk setiap angkatan. Adapun program yang di sampaikan adalah microsoft office (word, exell, dan power point).
  2. Pelatihan mendongeng anak untuk mahasiswa, yang dilakukan setiap satu tahun sekali setiap angkatan.
  3. Pelatihan Penanganan dan terapi alamiah anak berkebutuhan khusus. Melalui kegiatan ini mahasiswa mendapat pengetahuan tentang cara menangani anak berkebutuhan khusus sesuai kemampuanya secara alami.
  4. Pelatihan Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif). Melalui kegiatan ini mahasiswa di beri bekal membuat ala permainan dengan barang bekas dan benda-benda di lingkungan sekitar sehingga  kreativitas dan  kemampuan mahasiswa dapat tersalurkan dengan baik.
  5. Pelatihan trainer Out bond kids (Training of Trainer Oubond Kids). Melalui kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pelatihan mengelola oubond anak usia dini dan menjadi trainer outbond sehingga bermanfaat ketika memasuki dunia kerja.
  6. Pelatihan menulis untuk mahasiswa, sehingga lulusan mempunyai keahlian dan kecakapan menulis khususnya penulisan buku-buku tentang anak usia dini.
  7. Kegiatan outing class mahasiswa yang bekerja sama dengan sekolah mitra dengan mengadakan kegiatan outbond untuk anak usia dini sehingga dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang berbagai pengelolaan kegiatan untuk anak usia dini.

Disamping lab diatas prodi PG-PAUD bekerjasama dengan prodi PGSD, Psikologi, gizi dan kesehatan berencana untuk membangun lab school tumbuh kembang anak sebagai pusat penelitian dan praktek mahasiswa beberapa prodi tersebut. Prodi PG-PAUD juga menyelenggarakan ekstra kurikuler seperi menari dan musik angklung untuk menambah keterampilan mahasiswa.

PROFIL ALUMNI