Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) didirikan pada tahun 1958 dengan semangat sebagai Wacana Keilmuan dan Keislaman. UMS berkomitmen tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap menjunjung tinggi kepribadian Islami. UMS juga berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam keilmuan dan ketrampilan, serta mengembangkan riset bidang IPTEKS yang dikenal secara internasional, berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman dengan mengupayakan peningkatan mutu secara berkesinambungan.

Dengan sekitar 26.000 mahasiswa, kegiatan akademik di UMS didukung oleh 664 dosen full-time, 221 dosen paruh waktu dan 321 karyawan yang tersebar di 11 Fakultas, 44 Program Studi, dan 4 Program Profesi. Sejak berdiri, UMS telah meluluskan lebih dari 82.000 alumni.

UMS telah menorehkan berbagai prestasi dan mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Pada tahun 2006, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) menyatakan UMS sebagai salah satu dari 50 universitas yang menjanjikan. UMS bertekad menjadikan diri sebagai universitas yang dikenal dunia (internationally recognized university) dengan membuka program internasional meliputi program Dual Degree bidang Otomotif dengan Kingston University - Inggris, Teknik Sipil dengan Derby University - Inggris, dan bidang Manajemen dengan Charles Darwin University Australia. UMS juga telah membuka kelas-kelas internasional dengan bahasa pengantar bahasa Inggris di beberapa program studi. UMS telah mempunyai mahasiswa asing dari beberapa negara, antara lain dari Thailand, Malaysia, China, Sudan dan Irak. Kerjasama internasional juga dilakukan melalui Program of Academic Recharging dengan mengirimkan sejumlah dosen ke berbagai universitas luar negeri a.l.: Sheffield University, Nottingham University, UK; University of Minnesota, USA; dan Curtin University of Technology, Australia. Dengan didukung banyak tenaga pengajar lulusan atau berpengalaman internasional.

Penyelenggaraan pendidikan di UMS ditunjang fasilitas belajar yang sangat memadai, mulai dari ruangan kelas yang representatif, laboratorium standar, serta perpustakaan berbasis teknologi informasi. Kampus UMS berpusat di Jl. A. Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta, Jawa Tengah, berdiri di atas tanah seluas 30 ha, dan terletak di kawasan strategis yang mudah dijangkau dengan berbagai sarana transportasi

Klik untuk informasi lebih lanjut tentang: