Fakta tentang Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sejarah UMS

Cikal bakal UMS adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Cabang Surakarta yang didirikan pada tahun 1957. Tahun 1965, FKIP UMJ Cabang Surakarta berdiri sendiri menjadi 2 institusi: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surakarta dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM). Pada tanggal 24 Oktober 1981 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0330/O/1981, IKIP dan IAIM Surakarta digabung menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sampai sekarang.

Filosofi

Wacana Keilmuan dan Ke-Islaman

Pimpinan UMS

Rektor: Prof. Dr. Bambang Setiaji
Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH): Drs. Dahlan Rais, M.Hum

Fakultas/Program Studi/Program Profesi UMS

UMS memiliki 11 Fakultas, 44 Program Studi Diploma sampai Doktorat, 2 Program Double Degree International, 8 Program Kelas Internasional, 4 Twinning Program, dan 4 Program Profesi

Dosen dan Karyawan UMS

UMS memiliki 664 dosen pengajar full-time, serta 321 karyawan

Mahasiswa UMS

UMS memiliki 23.357 mahasiswa Diploma dan Strata 1, serta 4.211 mahasiswa pascasarjana

Kampus UMS

UMS memiliki 4 area kampus:

  • Kampus I merupakan lokasi Rektorat, Biro Administrasi Akademik, Biro Administrasi Umum, Lembaga Penelitian, Language Center, Lembaga Pengembangan Ilmu-Ilmu Dasar, Quality Assurance Center, Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Unit Information Technology, Unit Maintenance, Fak. IKIP, Fak. Agama Islam, Fak. Ilmu Kesehatan, Fak. Hukum, Fak. Geografi, dan Fakultas Farmasi
  • Kampus II merupakan lokasi Perpustakaan Pusat, Muhammadiyah Medical Center, Gedung Olah Raga, Program Pascasarjana, Fak. Ekonomi, Fak. Teknik, Fakultas Psikologi, dan Fak. Ilmu Komunikasi dan Informatika.
  • Fakultas Kedokteran berlokasi di Kampus III
  • Kampus IV merupakan lokasi dua Gedung asrama mahasiswa internasional berlantai 5. Di kampus ini sedang dibangun gedung untuk Fakultas Kedokteran. Di sekitar kampus IV terdapat hutan pendidikan.

Di luar area keempat kampus di atas terdapat fasilitas pondok pesantren mahasiswa yaitu Pondok Hajjah Nuriyah Shabran.

Prestasi UMS

Beberapa prestasi UMS, antara lain:
- Peraih hibah-hibah (grant) institusi, termasuk di antaranya TPSDP, Semi-Que, dan PHK-I
- Salah satu dari 50 Universitas Menjanjikan (Promising Universities) di Indonesia (oleh DIKTI, 2006/2007
- Satu dari 30 universitas/perguruan tinggi di Indonesia yang telah diakreditasi secara institusi (akreditasi tingkat universitas). UMS terakreditasi dengan nilai B pada tahun 2008 dan sedang menunggu hasil akreditasi tahun 2012. Hasil akreditasi institusi perguruan tinggi mulai tahun 2012 dapat dilihat di halaman web BAN-PT ini.
- Terpilih sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Dosen (PTP Serdos) Mandiri (2008)
- Mendapatkan penghargaan Excellent Brand Award untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (oleh Survey One dan Rich Mark, 2009)
- Mendapat kategori sebagai Perguruan Tinggi Utama di bidang penelitian. Pada kategori ini hanya terdapat dua perguruan tinggi swasta, selebihnya adalah perguruan tinggi negeri.

Alumni UMS

Sejak menjadi UMS: 48.750 alumni
Dari cikal bakal UMS: lebih dari 84.000 alumni