Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Profil

Program Studi Pendidikan Guru PAUD didirikan pada 2 Januari 2008 berdasarkan SK pendirian Prodi No. 02/D/T/2008. Prodi ini dirintis dari program D2 PGTK yang diselenggarakan sejak tahun 2006. Pada awal penyelenggaraanya dipimpin oleh Dra. Darsinah, M. Si. dengan jumlah mahasiswa sekitar 151 orang (150 orang perempuan dan 1 orang laki-laki), sebagian besar adalah tenaga pengajar TK dari wilayah eks-karesidenan Surakarta. Dua tahun kemudian mendapatkan izin perpanjangan Program Studi Nomor 3878/D/T/K-VI/2010. Pada tahun 2012, berdasarkan Keputusan BAN PT Nomor 023/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012, Prodi PG PAUD terakreditasi B.

Fasilitas

Fasilitas Program Studi PG PAUD meliputi ruang kuliah yang representaif dilengkapi dengan AC, LCD, white board, layar (screen) serta didesain dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Selain iu Prodi PG PAUD memiliki laboratorium Microteaching, laboratorium bengkel karya, laboratorium Tumbuh Kembang dan perpustakaan prodi.

  1. Laboratorium Microteaching
    Merupakan tempat praktek mengajar mahasiswa yang didesain sesuai dengan penataan kelas anak usia dini. Laboratorium microteaching dilengkapi dengan komputer, AC, LCD dan layar (screen), berbagai macam Alat Permainan Edukatif (APE) serta dilengkapi dengan berbagai alat musik dan properti tari.
  2. Laboratorium Bengkel Karya
    Merupakan tempat penyaluran kreativitas dan keterampilan mahasiswa. Laboratorium bengkel karya dilengkapi dengan berbagai macam alat dan bahan unuk pembuatan media pembelajaran, alat permainan edukatif untuk anak usia dini.
  3. Laboratorium Tumbuh Kembang
    Dimanfaatkan untuk praktik mendeteksi dini tumbuh kembang anak, anak berkebutuhan khusus, bimbingan konseling, dan pengasuhan anak. Perpustakaan Prodi PG PAUD mengoleksi buku-buku referensi tentang anak usia dini, buku cerita anak dan baby book yang bisa dimanfaatkan untuk praktek mengajar mahasiswa. Ruang perpustakaan yang nyaman dilengkapi dengan meja baca, komputer dan pelayanan yang baik.

Testimoni Alumni

Sri Rejeki, S.Pd.
Saya sangat beruntung bisa kuliah di Prodi PG PAUD UMS. Banyak ilmu yang saya dapat khususnya tentang anak usia dini, fasilitasnya juga memadai, dosen-dosennya juga berkompeten. Saya tidak hanya dibekali ilmu mengajar saja tapi juga bagaimana mendirikan lembaga pendidikan. Sekarang saya bersama teman-teman mendirikan lembaga PAUD di Kartasura dengan bekal ilmu yang saya punya. Ayo yang belum kuliah di Prodi PAUD UMS segera daftar, nanti kalo sudah lulus kerja di lembaga saya ya...
Sri Rejeki, S.Pd.- Kepala Sekolah PAUD Saymara, Kartasura
Boni Ely Saputra
Luarrrr biasa... Saya mendapatkan pengetahuan yang sangat berharga, terutama dalam ketrampilan mendongeng. Bimbingan dari dosen yang professional dan training yang saya dapatkan selama kuliah di Prodi PG PAUD UMS mengantarkan saya ke jenjang karir yang tidak pernah saya sangka selama ini, menjadi pendongeng anak usia dini. Berbekal ketrampilan ini, saya berhasil menjuarai berbagai lomba bercerita dan mendongeng untuk anak usia dini baik pada tingkat daerah maupun nasional. Untuk teman-teman yang belum bergabung di PG-PAUD UMS segera daftar ya… mari kita bersama-sama mencetak generasi islami melalui bercerita.
Boni Ely Saputra- Pendongeng Anak-Anak