Program Studi Pendidikan Geografi

Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS berupaya menjadi institusi terkemuka yang menjunjung nilai-nilai keislaman dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan ilmu (penelitian) dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan geografi yang berwawasan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan mitigasi bencana.

Visi

Visi penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS adalah menjadi institusi terkemuka yang menjunjung nilai-nilai keislaman dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan ilmu (penelitian), dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan geografi yang berwawasan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan mitigasi bencana.

Misi

  1. Menyelengarakan pendidikan yang berkualitas dan islami dengan mengedepankan ciri profesionalisme, akuntabilitas, evaluasi diri dan perbaikan yang berkelanjutan dengan mengembangkan jalinan kerja sama untuk pengembangan mitigasi bencana baik dengan institusi di dalam dan luar negeri maupun alumni.
  2. Membekali sumber daya manusia di bidang pendidikan geografi yang memiliki wawasan yang luas dalam mitigasi bencana dan penyajian informasi spasial.
  3. Mengembangan keilmuan dan teknologi di bidang pendidikan geografi dan kebencanaansehingga dapat diterapkan dalam pendidikan dan menjadi acuan masyarakat.

Fasilitas

Dalam rangka menghasilkan output yang berdaya saing, Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS memandang dosen sebagai sumber daya yang utama. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi dosen menjadi sebuah keniscayaan. Langkah yang diambil Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS untuk menunjang hal tersebut adalah dengan mengikut sertakan dosen dalam pelatihan serta diadakan diskusi ilmiah dan kuliah umum dengan narasumber yang kompeten. Dosen juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.