Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru

Dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru, Universitas Muhammadiya Surakarta menggunakan sistem One Day Service (ODS) yang artinya adalah seluruh proses pendaftaran dari mulai awal pendaftaran hingga pendaftar dinyatakan sebagai mahasiswa baru UMS bisa ditempuh hanya dalam waktu 1(satu) hari saja. Untuk alur pendaftaran dengan sistem ODS bisa Anda lihat pada alur diatas. Sedangkan untuk detail alur diatas adalah sebagai berikut :

  1. Pendaftar bisa mengisi form pendaftan dari mana saja secara online dengan membuka laman ods.ums.ac.id sesuai dengan data dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) atau Passport (bagi mahasiswa asing). Apabila belum mengisi formulir, kami juga menyediakan komputer untuk mengisi form pendaftaran di Bagian Online.
  2. Setelah berhasil mengisi formulir, maka pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran online.
  3. Pendaftar kemudian menuju ke bagian validasi dengan membawa nomor pendaftaran online, fotokopi Kartu Keluarga(KK) dan kartu identitas asli yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport/Kartu Pelajar) untuk pengambilan foto serta memvalidasi data yang telah diinputkan dalam pendaftaran online.
  4. Setelah melakukan validasi, pendaftar akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Tes untuk mengikuti tes.
  5. Setelah mendapatkan Kartu Tes, maka pendaftar bisa membayar Biaya Pendaftaran serta Biaya Tes Kesehatan (bagi jurusan yang mensyaratkan Tes Kesehatan) di Bank Jateng Syariah.
  6. Bila telah melakukan pembayaran di bank maka mendaftar bisa mengikuti Tes Kesehatan di Bagian Tes Kesehatan.
  7. Kemudian pendaftar langsung menuju ke Ruang Tes Akademik untuk mengikuti Tes Akademik dengan sistem CBT (Computer Base Test/Tes Berbasis/Menggunakan Komputer) sesuai jurusan yang dipilih (Kelompok IPA/Kelompok IPS/Kedokteran)
  8. Setelah selesai menyelesaikan soal tes, maka skor hasil tes akan langsung tampil di layar komputer. Apabila pendaftar gagal, maka pendaftar bisa mengulangi kembali sampai maksimal 3(tiga) kali tes atau pindah pada jurusan yang sesuai dengan skor yang diperoleh.
  9. Apabila pendaftar lolos tes akademik, maka pendaftar bisa menuju Bagian Sertifikat untuk mencetak Sertifikat Lulus Tes.
  10. Setelah mendapatkan Sertifikat Lulus Tes, maka pendaftar mempunyai kesempatan selama 2(dua) minggu untuk melakukan pembayaran Dana Pengembangan dan SPP pada bank yang ditunjuk.
  11. Setelah melakukan pembayaran, maka pendaftar menuju ke Bagian Registrasi dengan membawa syarat-syarat registrasi yang telah diurutkan untuk melakukan Registrasi Mahasiswa Baru. Apabila proses registrasi selesai, maka pendaftar akan mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Jas Almamater yang artinya pendaftar telah dinyatakan sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).