Program Studi Teknik Kimia

Profil

Sebagai bagian dari sebuah Perguruan tinggi, Program Studi Teknik Kimia FT UMS merupakan institusi yang memiliki fungsi sebagai pusat pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Pendidikan yang diselenggarakan pada Program Studi Teknik Kimia FT UMS berorientasi untuk menghasilkan Sarjana Teknik Kimia yang islami dan memenangkan persaingan pasar bebas. Peningkatan penguasaan penggunaan komputer kemampuan berbahasa inggris dan mengembangkan soft skill menjadi fokus perhatian selain materi utama teknologi kimia di dalam pelaksanaan pendidikan di Program Studi Teknik Kimia UMS.

Fasilitas

Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar dan kegiatan akademis yang lain, Program Studi Teknik Kimia FT UMS dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, meliputi:

  1. Perpustakaan Pusat UMS.
  2. Laboratorium.
  3. Jaringan internet.
  4. Ruang kuliah yang memenuhi standar (ber-AC, LCD, white board) dan lain-lain.

Laboratorium terdiri dari Laboratorium Praktikum dan Laboratorium Penelitian. Laboratorium Praktikum yang terdiri dari Laboratorium Komputasi, Proses Kimia, Kimia Analisis, Kimia Fisika dan Operasi Teknik Kimia. Sedangkan laboratorium penelitian terdiri dari Laboratorium Mikrobiologi, Teknik Pengolahan Air, Energi dan Laboratorium Pencegahan Pencemaran.

Testimoni Alumni

Dimas Dwi Prasetya Nugroho, S.T., M.Si., M.Eng.
Brand Muhammadiyah menjadi image yang mudah dikenali. Begitu saya menjawab Universitas Muhammadiyah ... Langsung orang-orang akan berkata ooo tanpa harus melengkapi Surakarta. Teknik Kimia merupakan jurusan yang luar biasa, luar biasa rumit dikarenakan lapangan kerja teknik kimia sangat luas yang siap untuk menunjukkan kualitas dan hasil karyanya.
Dimas Dwi Prasetya Nugroho, S.T., M.Si., M.Eng.- Team LeaderFiberline Departement, PT. Riau Andalan Pulp and Paper
Siti Nurjanah, S.T., M.M.
Ilmu yang saya peroleh dari Teknik Kimia sangat menunjang sekali dalam menganalisis bisnis khususnya dalam analisis proses produksi dan analisis ekonomi teknik.
Siti Nurjanah, S.T., M.M. - AMGR (ODP Credit Analysis) Divisi Business Risk (BNR) PT. Bank Negara Indonesia Jakarta Pusat