Fakultas Psikologi

Profil

Lulusan S1 Psikologi diharapakan menjadi Sarjana Psikologi yang menguasai dasar-dasar ilmu psikologi dan psikoterapi islami, yang didukung dengan kemampuan mengembangkan diri disertai kepercayaan diri dan integritas yang unggul, mandiri dan menguasai teknologi dan bahasa asing.

Fasilitas

Fakultas Psikologi memiliki kelengkapan laboratorium individual dan klasikal, yang terdiri dari:

  1. Laboratorium psikodiagnostik: praktek administrasi tes hingga penyusunan laporan psikogram, secara individu dan kelompok.
  2. Laboratorium observasi: praktek perkembangan dan deteksi dini pada anak.
  3. Laboratorium konseling: praktek konseling individu dengan berbagai setting masalah.
  4. Laboratorium psikologi faal: praktek proses faali tubuh terkait kondisi psikologis individu.
  5. Laboratorium psikologi eksperimen: praktek fungsi dasar psikologi seperti persepsi, perhatian, memori, emosi dan kinestesi.
  6. Laboratorium komputer: praktek teknologi dalam statistik dan pengembangan psikologi.
  7. Laboratorium lapangan di beberapa instansi mitra: praktek bidang klinis, industri, pendidikan, dan sosial di masyarakat.

Testimoni Alumni

Fakultas Psikologi UMS adalah tempat yang menyadarkan saya akan pentingnya kompetensi dan karakter yang terpadu dan menyatu dalam mengurai problem solving dan mencapai visi hidup saya.
Fakultas Psikologi UMS juga telah memberi ruang kepada saya akan pentingnya "strategic framework" itu akan bergulir menuju visi-nya. Semua itu adalah proses yang bermakna yang saya temukan dikampus ini dari banyak Mentor untuk menjadikan diri saya seorang "leader" yang memahami bahwa capaian itu butuh dedikasi dan integritas, Fakultas Psikologi UMS mempu menjawab kegundahan itu dengan kompleksitas dan dinamika mengajar dari para Dosen yang mempunyai "jam terbang" yang tinggi dan "expert" dibidangnya, itulah sisi dialog, sharing dan bertutur yang menggugah, dinamis dan terarah yang mengasah tingkat analisa saya dan memberrikan "added value" untuk karir saya saat ini.
Dan akhirnya, saya bersyukur nilai nilai keagaamaan telah menyentuh titik kebutuhan seorang "leader" di kampus tercinta inilah, ku diajar untuk mengenal, menggali, memahami dan mensemaikan dalam setiap langkah pasti menjemput cakrawala esok pagi penuh optimisme menuju khusnul khotimah.
Muhammad Aditya Warman, S.Psi., MBA.- Corporate Industrial Relations Head PT. Astra International Tbk.
Alhamdullilah saya mendapat kesempatan belajar di Fak Psikologi UMS, awal masuk saya terkesan dengan lingkungan kampus yang asri dan hub antara mahasiswa dan dosen yang akrap sehingga panggilan ke dosenpun bukan pak dan bu tetapi mas dan mbak, hal ini menambah kesan keakraban suasana kuliah. Disamping itu tenaga pengajar yang sudah memegang gelar master dan doktor baik dari dalam maupun luar negeri cukup banyak sehingga mencerminkan kualitas keilmuan yang akan kita terima nantinya. Saya yakin sekarang pasti lebih maju dibanding jaman saya kuliah pada tahun 1995.
Semoga Fakultas Psikologi UMS semakin jaya dan mengikuti trend perkembangan industri di Indonesia dengan mengadopsi ilmu-ilmu praktis disemua lini industri karena slogan psikologi adalah dimana ada manusia disitu psikologi berperan.
Akhmat Furqon, S.Psi., M.M.- Sales Marketing Manager SWA Magazine