Hal Yang Sering Ditanyakan

Proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta dimulai pada tanggal 2 Januari 2017 s.d. 26 Agustus 2017.

Proses penerimaan mahasiswa baru UMS menggunakan sistem One Day Service. Artinya proses pendaftaran, ujian hingga mendapat hasil ujian dapat berlangsung hanya dalam waktu 1 hari.
Kamu bisa datang kapan saja pada hari dan jam kerja dengan membawa seluruh persyaratan pendaftaran, maka dalam waktu satu hari proses peneriman bisa diselesaikan. Jangan lupa untuk datang di awal masa penerimaan mahasiswa baru (bulan Januari), karena passing grade (nilai batas kelulusan) berada pada posisi terendah. Passing grade akan dinaikkan perlahan-lahan seiring dengan terpenuhinya kursi mahasiswa baru. Pada saat jumlah kursi mahasiswa baru pada suatu program studi hampir habis, passing grade akan sangat tinggi sehingga peluang lulus akan semakin kecil.

Pendaftaran, proses tes dan registrasi harus dilakukan langsung di Gedung Admisi UMS. Proses Penerimaan Mahasiswa Baru hanya berlangsung SATU hari, jika persyaratan yang kamu bawa lengkap.
Untuk beberapa lokasi, kami menyelenggarakan tes luar kampus (off-campus test) atau dahulu dikenal dengan nama tes daerah. Wilayah yang dijadikan tempat tes luar kampus adalah: daerah pantura Jawa Tengah, daerah Jawa Timur bagian barat, Wonogiri, daerah Wonosobo dan sekitarnya, Lampung, dan Kalimantan.

Ya, tentu saja! Beasiswa yang tersedia rata-rata mencapai Rp 600.000 s.d Rp 3.600.000 per mahasiswa per semester. Beasiswa berasal dari UMS, Bank Jateng, Yayasan Supersemar, PT. Djarum Kudus, Ditjen Dikti PPA, Ditjen Dikti BBM, dan Yayasan Toyota Astra.

Ada 4 jenis beasiswa bagi calon mahasiswa UMS.

  1. BBUMD - Beasiswa Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah 2016
  2. BU - Beasiswa Unggulan Muhammadiyah 2016.
  3. BIP - Beasiswa International Priority 2016.
  4. BP - Beasiswa Prestasi 2016.

Panitia melakukan proses Penjaringan Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah. Bagi warga Muhammadiyah juga tersedia Beasiswa Unggulan Muhammadiyah. Semua beasiswa bagi calon mahasiswa UMS memperhatikan faktor-faktor, antara lain prestasi calon, asal daerah, dan keterkaitan dengan Muhammadiyah. Jika kamu seorang hafidz, kami juga memberi prioritas dalam penerimaan beasiswa. Informasi lebih lanjut silakan cermati pada menu Beasiswa, yaitu BBUMD, Beasiswa Unggulan Muhammadiyah, Beasiswa Prioritas Internasional dan Beasiswa Prestasi.

Sistem penerimaan mahasiswa baru di UMS menggunakan One Day Service (layanan 1 hari). Dengan sistem ini, jika kursi bagi mahasiswa baru untuk sebuah Program Studi telah habis maka pendaftaran untuk Program Studi tersebut akan ditutup. Tahun 2013 yang lalu, kami menutup lebih awal pendaftaran untuk Program Studi Kedokteran, Farmasi, Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Fisioterapi.
Oleh karena itu, mendaftarlah segera agar kamu lebih berpeluang mendapat tempat di Program Studi yang kamu minati. Lagi pula jika kamu mendaftar di awal masa penerimaan mahasiswa baru, passing grade (nilai batas kelulusan) masih rendah sehingga kamu berpeluang lebih besar untuk lulus. Passing grade sebuah program studi dinaikkan perlahan-lahan seiring bertambahnya mahasiswa yang lulus di program studi tersebut. Jika kursi bagi mahasiswa baru sebuah program studi sudah hampir habis, maka passing grade untuk program studi tersebut sangat tinggi.

Sebagian Fakultas/Program Studi di UMS menerima mahasiswa transfer dan ada Fakultas/Program Studi yang tidak menerima mahasiswa transfer. Kebijakan menerima atau tidak menerima mahasiswa transfer berada di tangan Fakultas/Program Studi masing-masing. Oleh karena itu jika kamu ingin transfer kuliah ke UMS dari Universitas lain, kamu harus menghubungi terlebih dahulu Dekan Fakultas/Ketua Program Studi yang kamu pilih dengan menunjukkan transkrip akademik dan ijazah diploma (jika ada).
Setelah mendapat persetujuan tertulis dari dari Dekan Fakultas/Ketua Program Studi, yang harus kamu lakukan adalah menghubungi Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) untuk proses pendaftaran sebagai mahasiswa transfer. Jika Kepala BAA atau Dekan Fakultas/Ketua Program Studi menghendaki, kamu diharuskan menempuh tes tertulis di Gedung Admisi.
Secara umum, dana pengembangan yang harus dibayarkan sama dengan dana pengembangan mahasiswa reguler. Biaya SKS sama dengan biaya SKS mahasiswa reguler dan kamu kuliah bergabung bersama mahasiswa reguler. Fakultas/Program Studi dapat mengenakan biaya tambahan untuk proses konversi nilai.

Jika kamu baru pertama kali bepergian ke UMS, kamu bisa mencermati lokasi UMS di peta ini, atau jika kamu menggunakan gadget, kamu bisa memasukkan lokasi UMS pada koordinat -7.558345, 110.769072.
Gedung Admisi berada di tepi Jl. Garuda Mas, sedangkan area kampus UMS berada di tepi Jl. Yogyakarta - Surakarta.