Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

Visi

Unggul dan kompetitif dalam pengembangan studi Pendidikan Agama Islam pada 2020.

Misi

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa menjadi ahli pendidikan Islam dan atau praktisi pendidikan agama Islam yang professional.
  2. Mengembangkan teori, konsep dan model pendidikan Islam yang transformatif untuk pengembangan pendidikan agama Islam.
  3. Memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan keislaman melalui pelatihan, bimbingan, konsultasi, penyuluhan dan pendampingan/advokasi.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Agama Islam yang unggul dan transformatif untuk pengembangan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berakhlaq mulia dibidang pendidikan Islam.
  3. Memperkuat kelembagaan dan penyelenggaraan tata kelola yang baik dan berkelanjutan.

Fasilitas

  1. Laboratorium Komputer
    Laboratorium komputer memiliki program-program pendalaman ilmu-ilmu agama Islam, seperti Maktabah Syamilah, Mawsu’at al-Tafsir dan sebagainya.
  2. Laboratorium Microteaching
    Laboratorium microteaching FAI menempati salah satu ruang di Pondok Hajjah Nuriyah Shobron, digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di program studi agama Islam bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah microteaching.
  3. Laboratorium Lembaga Keuangan Syariah
    BMT (Baitul Mal wa Tamwil) Amanah Ummah pada awal berdirinya dirintis oleh para dosen FAI yang saat ini telah memiliki kantor cabang di Sukoharjo. Disamping menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan bagi dosen dan karyawan di lingkungan UMS serta masyarakat, juga menjadi laboratorium bagi mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, untuk praktik lembaga keuangan syariah.