Program Studi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir

Visi

Unggul dan terkemuka dalam pengembangan Al Qur’an dan Tafsir yang berbasis riset dan pengembangan menuju peradaban utuma pada tahun 2020.

Misi

  1. Membangun sarana pendidikan dan pengajaran yang dapat menghasilkan sumberdaya insani yang sesuai dengan nilai-nilai Al Qur’an dan Sunnah serta sesuai dengan kebutuhan umat.
  2. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Ilmu Al Qur’an dan Tafsir sesuai dengan nilai-nilai keislaman, ke-Muhammadiyahan dan ke-Indonesiaan.
  3. Menggembirakan penelitian ilmiah dalam pengembangan studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir untuk kepentingan akademik dan kemaslahatan umat.
  4. Meningkatakan peran dalam pemberdayaan masyarakat melalui disiplin Ilmu Al Qur’an dan Tafsir dalam rangka membumikan Al Qur’an melalui pengembangan jejaring kerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi dan lembaga dakwah Islam, serta pusat studi keislaman nasional dan global.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang mempunyai kapasitas keilmuan dan keahlian dalam skala nasional dan global, kreatif, beriman, berakhlaq mulia, serta memiliki kecakapan dalam kiprah sosial kegamaan yang bercirikan Muhammadiyah, keislaman dan keindonesiaan.
  2. Menghasilkan peneliti ilmiah dalam bidang Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang memiliki kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu-ilmu keislaman dan kemajuan umat Islam sesuai misi Al Qur’an.
  3. Menjadikan program studi IQT FAI UMS disamping sebagai pusat pendidikan, kajian dan penelitian, juga sebagai pusat pengabdian pada masyarakat dengan bidang kegiatan yang sejalan dengan bidang Ilmu Al Qur’an dan Tafsir.
  4. Membangun kelembagaan dan jaringan yang kokoh, fungsional dan sinergis dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan ilmu keilmuan dan kemasyarakatan.

Fasilitas

  1. Laboratorium Komputer
    Laboratorium komputer memiliki program-program pendalaman ilmu-ilmu agama Islam, seperti Maktabah Syamilah, Mawsu’at al-Tafsir dan sebagainya.
  2. Laboratorium Microteaching
    Laboratorium microteaching FAI menempati salah satu ruang di Pondok Hajjah Nuriyah Shobron, digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di program studi agama Islam bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah microteaching.
  3. Laboratorium Lembaga Keuangan Syariah
    BMT (Baitul Mal wa Tamwil) Amanah Ummah pada awal berdirinya dirintis oleh para dosen FAI yang saat ini telah memiliki kantor cabang di Sukoharjo. Disamping menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan bagi dosen dan karyawan di lingkungan UMS serta masyarakat, juga menjadi laboratorium bagi mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, untuk praktik lembaga keuangan syariah.