Kelas Internasional

Program perkuliahan dengan kurikulum reguler yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab sebagai pengantar.

Program kelas internasional merupakan program perkuliahan dengan kurikulum reguler yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab sebagai pengantar.

Terdapat dua model perkuliahan kelas internasional. Model pertama diterapkan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai guru sekolah berstandar internasional.

Model kedua diterapkan pada fakultas selain FKIP yang dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi lulusan dengan kemampuan bahasa internasional (Inggris atau Arab) dan pengalaman internasional (international exposure). Banyak survei menyebut bahwa salah satu kelemahan menonjol dari lulusan sarjana Indonesia adalah kemampuan bahasa Inggris yang minim. Kemampuan bahasa asing yang minim menjadi titik lemah lulusan dalam berkompetisi dengan pekerja asing atau pekerja dari negeri tetangga. Dapat dipastikan para manajer akan lebih memilih staf yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik.

Mahasiswa kelas internasional diharuskan tinggal di Pondok Internasional Mas Manshur. Di Pondok ini mahasiswa dididik dengan kegiatan keagamaan dan diberi penguatan kemampuan bahasa. Kebiasaan berbahasa Inggris sehari-hari di Pondok dan berbahasa Inggris atau Arab akademik di kelas diharapkan mampu memperkuat kemampuan bahasa asing mahasiswa.

Beberapa program studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta mempunyai kelas internasional:

  • Pend. Matematika (Math Education) – FKIP
  • Akuntansi (Accounting)
  • Ilmu Komunikasi (Communications Science)
  • Informatika (Informatics)
  • Sipil (Civil Engineering)
  • Elektro(Electrical Engineering)
  • Kimia (Chemical Engineering)
  • Keperawatan (Nursing)
  • Pend. Agama Islam (Tarbiyah) (Islamic Education in Arabic)

Biaya studi kelas internasional lebih tinggi sekitar 10% dibanding biaya studi kelas reguler. Daftar biaya lebih jelas dapat dilihat di halaman Biaya Studi pada subseksi Program Internasional.