Program Studi Gizi (S1)

Profil

Program Studi Gizi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Memiliki wacana keislaman dan menguasai dasar-dasar ilmiah di bidang gizi klinik, gizi masyarakat, gizi institusi dan gizi pangan serta kewirausahaan gizi.
  2. Mampu bersikap dan berperilaku profesional dalam berkarya di bidang gizi dalam kehidupan bersama.
  3. Mengikuti perkembangan IPTEK bidang gizi sesuai bakat dan pendidikan sepanjang hayat.

Keahlian peserta didik atau lulusan pada 4 bidang adalah:

  1. Gizi Klinik
    Memberikan terapi diet atau pengaturan makanan untuk pasien dengan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kekurangan gizi, penyakit saluran pencernaan, penyakit kencing manis atau DM, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, gout, serosis hepatis, arthritis, penyakit ginjal, obesitas dan lain-lain.
  2. Gizi Masyarakat
    Melakukan deteksi dini untuk keperluan pencegahan dan penanggulangan kekurangan atau kelebihan gizi di masyarakat, seperti penilaian status gizi masyarakat, perencanaan program gizi dan intervensi gizi.
  3. Gizi Institusi
    Memberikan pelayanan gizi untuk penyelenggaraan makanan secara massal (untuk orang banyak) seperti asrama, rumah sakit, perencanaan gizi untuk keadaan darurat seperti bencana alam.
  4. Gizi Pangan atau Kewirausahaan Pangan
    Melakukan analisis bahan makanan secara fisik, kimiawi, mikrobiologi dan pengolahan pangan untuk komersil dan kesehatan serta penilaian kualitas pangan dan keamanan pangan.

Fasilitas

Program Studi Gizi mempunyai prasarana laboratorium sejumlah 6 jenis yaitu, Laboratorium Penyelenggaraan Makanan, Mikrobiologi, Kimia, Ilmu Pangan, Diagnosis dan Edukasi Gizi dan Komputer.

  1. Laboratorium Penyelenggaraan Makanan digunakan untuk praktikum menyusun menu bagi orang sehat dan orang yang membutuhkan diit khusus serta untuk praktikum gizi kuliner.
  2. Laboratorium Mikrobiologi digunakan untuk praktikum mikrobiologi pangan.
  3. Laboratorium Kimia digunakan untuk memberikan pengalaman dalam menganalisa zat gizi dalam makanan dan pemeriksaan biokimia darah.
  4. Laboratorium Ilmu Pangan dipergunakan untuk praktikum ilmu bahan makanan dan teknologi pangan.
  5. Laboratorium Diagnosis dan Edukasi Gizi digunakan untuk praktek penilaian status gizi, pemberian penyuluhan dan konseling gizi.
  6. Laboratorium komputer untuk praktikum analisa data.

Laboratorium yang dimiliki Program Studi Gizi sudah memenuhi persyaratan kualitas laboratorium untuk menunjang kompetensi mahasiswa Gizi.

Testimoni Alumni

Ery Maitatorum, S.Gz.
Setelah lulus, saya langsung kerja sebagai tim Riskesdas 2010 Dinas Kesehatan Surakarta, kemudian 9 bulan berikutnya saya diterima bekerja sebagai Kepala Instalasi Gizi dan Ahli Gizi (Nutrisionist) di RS Karomah Holistic Pekalongan. Alhamdullah selama menempuh Program Studi Gizi UMS, saya banyak mendapatkan ilmu yang dapat saya aplikasikan baik dalam dunia kerja sekarang ini maupun untuk lingkungan sekitar saya.
Ery Maitatorum, S.Gz.- Alumni S1 Gizi Angkatan 2005
Novi
Sekarang saya bekerja di salah satu RS di Kab Madiun. Ilmu gizi yang saya dapatkan di kampus sangat berguna dalam dunia pekerjaan saya, karena hampir semua ilmu yg diperoleh dapat diterapkan di tempat kerja.
Novi- Alumni S1 Gizi Angkatan 2009