Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1)

Profil

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) merupakan salah satu program studi dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan UMS yang didirikan sejak tahun 2004, dan telah terakreditasi BAN PT berdasarkan SK BAN PT No. 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009 dengan peringkat B.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan ini, progdi Kesmas FIK UMS memberikan pendidikan dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Stakeholder yang mempunyai daya saing yang tinggi. Program Studi S1 Kesmas FIK UMS memberikan penawaran kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah peminatan yang ditawarkan yakni Epidemiologi-Biostatistik dan Kesehatan Lingkungan-Kesehatan Kerja (KLKK).

Fasilitas

Laboratorium yang dimiliki oleh Prgram Studi Kesmas sebagai sarana pembelajaran antara lain:

  1. Laboratorium Mikrobiologi
    Sangat mendukung proses pembelajaran mata kuliah mikrobiologi penyakit, mikrobiologi lingkungan dan penyehatan makanan minumnan.
  2. Laboratorium Kimia
    Mendukung dalam pembelajaran laboratorium air dan limbah.
  3. Laboratorium Komputer
    Mendukung dalam pembelajaran manajemen dan analisis data-data penyakit, terkait surveilans penyakit dan survey cepat.
  4. Laboratorium Kesmasakan
    Sangat mendukung dalam pembelajaran, teknik entomologi, pengendalian vektor penyakit dan pengelolaan limbah.

Testimoni Alumni

Edi Supriyanto
Lingkungan kampus yang nyaman menjadikan saya terasa begitu cepat ketika belajar di Kesmas UMS. Dosen yang berkompeten dibidangnya, materi dan praktek yang seimbang ditunjang dengan adanya banyak kunjungan ke instansi dan perusahaan, kurikulum yang disesuaikan dengan bursa kerja menjadikan alumni dari kermas ums dapat bersaing dengan PTN dan PTS Nasional.
Tidak selang lama dari lulus, saya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saya yaitu sebagai HSE Officer di PT. Irawan Prima Utama, perusahaan skala nasional yang bergerak dibidang design, engineering dan steel fabricator dengan penempatan di Berau, Kaltim.
Edi Supriyanto