Fakultas Farmasi

Profil

Fakultas Farmasi UMS didirikan pada tanggal 15Maret1999 berdasarkan SK No. 54/DIKTI/Kep/1999. Pendirian fakultas ini dilandasi oleh adanya tuntutan pelayanan pengobatan yang berkualitas, dengan harapan akan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, baik secara formal maupun non formal dan di masa mendatang

Pada tahun 2006 Fakultas Farmasi UMS berhasil mendapatkan Program Hibah Kompetisi A-2 berdasarkan SK No. K.001.0390/KPMPT/PHK/2006. Peningkatan kualitas Fakultas Farmasi UMS dibuktikan dengan di perolehnya akreditasi A pada tanggal 13 Nopember 2008 berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas RI No. 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008.

Selanjutnya pada tanggal 23 Januari 2009 Fakultas Farmasi UMS disahkan sebagai anggota Majelis Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) berdasar SK No. 01/APTFI/MA/2009. Program Profesi Apoteker mendapatkan status akreditasi A berdasarkan SK BAN PT No. 001/BAN-PT/Ak-I/PSPA/II/2012 Tanggal 3 Februari 2012.

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu farmasi yang ungguldan menghasilkan sumber daya manusia yang berkepribadian islami.

Konsentrasi Keilmuan

Fakultas Farmasi UMS mengembangan proses pembelajaran dalam 2 konsentrasi keilmuan utama untuk program S1 dan program apoteker, yaitu:

  1. Sain dan Teknologi Farmasi.
  2. Pelayanan Farmasi (Farmasi Klinik dan Komunitas).

Sarana Pendukung

Proses pembelajaran didukung oleh perlatan laboratorium modern dan canggih serta sarana pembelajaran yang nyaman dan berkualitas, antara lain:

  1. Seluruh ruang kelas full AC dengan fasilitas LCD proyektor.
  2. High Performance Liquid Chromatography.
  3. Gas Chromatography.
  4. Atomic Absorbtion Spectroscopy.
  5. Laboratorium Cytoculture.
Laboratorium
Tenaga Akademik

Dosen Fakultas Farmasi UMS terdiri dari 28 dosen tetap, 5 diantaranya telah bergelar doktor, 7 orang sedang studi S3 dan hamper 85% telah berkualifikasi S2. Pengembangan SDM terus dilakukan dengan pengiriman studi lanjut baik ke dalam maupun luar negeri.

Testimoni Alumni

Beruntungnya, ternyata pilihan saya untuk melanjutkan kuliah ke UMS itu tepat. Banyak pengalaman dan ilmu yang dibagi oleh dosen-dosen di Fakultas Farmasi, pengalaman yang tak terlupakan bersama teman2 umum maupun jurusan Sains. Pengalaman presentasi tugas kuliah melatih kami untuk berani berbicara dan mengemukakan pendapat. Dalam dunia kerja ternyata sangat diperlukan kemampuan dalam berkomunikasi.
Noermalinda Permata Sari, S.Farm., Apt.- QA Staff, PT. Simex Pharmaceutical Indonesia Sukabumi
Saya menjadi mahasiswa Fakultas Farmasi pada tahun angkatan 2006/2007.Pengalaman paling berkesan adalah pada saat penyusunan tugas skripsi tentang penetapan kadar senyawa dalam tanaman menggunakan instrumen GC-MS (salah satu kebanggaan menjadi mahasiswi fakultas farmasi UMS karena instrumen yang dipelajari cukup lengkap). Pernah terbesit fikiran akan tidak lulus pada waktu yang ditargetkan. Namun skripsi tersebut maksimal membawa saya pada semangat untuk tetap bekerja keras. Atas karunia Allah SWT, semangat ini pada akhirnya membawa saya lulus tepat pada waktunya dengan hasil yang memuaskan, semoga karakter tersebut tetap terpelihara. Fakultas Farmasi UMS juga memberikan training motivasi dalam berwirausaha dan dalam mencapai impian, sebelum terjun di dunia kerja. Terima kasih kepada Fakultas Farmasi UMS telah memberikan kesempatan untuk menimba ilmu di kampus tercinta. Semoga berkah melimpah diberikan oleh Allah swt kepada Fak farmasi UMS untuk terus maju dan berkembang. Amien.
Elsari Dwi Harnani, S.Farm., Apt.- QC Staff PT. Etercon Pharmeceutical Industry