Home » FAQ: Alur Pendaftaran

FAQ: Alur Pendaftaran

Calon Mahasiswa mendaftar secara Online di https://ods.ums.ac.id dengan mengisi semua data diri yang diperlukan.

Penting: Isilah data diri sesuai dengan identitas asli seperti KTP/KK/Akta Lahir/Pasport

Iya, setiap calon mahasiswa wajib mendaftar secara online untuk mendapatkan nomor pendaftaran.

Untuk mendaftar di UMS, calon mahasiswa hanya perlu membawa identitas asli serperti KTP/Surat keterangan kependudukan dan bukti pelunasan biaya pendaftaran. Serta beberapa berkas pendukung seperti fotokopi KK, fotokopi Ijazah (jika sudah ada), fotokopi legalisir rapor (khusus Prodi Kedokteran/Kedokteran Gigi).

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara, 1) membayar langsung (cash) di teller Bank Jateng Syariah UMS, 2) membayar dengan Virtual Account (Transfer VA) yang dapat dilihat di akun masing-masing calon mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang sudah melunasi tagihan pendaftaran, segera datang ke UMS dan menuju ruang Validasi Data. Gedung Induk Siti Walidah UMS Lantai 3. Jika kesulitan silakan tanyakan kepada petugas yang berjaga di Pusat Layanan ODS UMS.

Tidak boleh. Calon mahasiswa Kedokteran dan Kedokteran Gigi UMS hanya diperbolehkan dari jurusan IPA. Jika kamu adalah siswa home schooling/kejar paket C, bisa mendaftar ke jurusan Kedokteran atau Kedokteran Gigi dengan syarat Surat Kelulusan yang menyatakan dari Jurusan IPA.

Calon mahasiswa jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi harus melaksanakan dua tes seleksi yakni Tes MMPI 2 dan Tes ODS. Jika kamu lolos keduanya, selamat kamu telah diterima di UMS.

MMPI 2 (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa. Untuk mendaftar dan melakukan tes MMPI 2 di UMS dapat kamu lihat secara lengkap pada tautan berikut Alur Tes MMPI 2