Home » Prosedur Pendaftaran E-Seleksi

Prosedur Pendaftaran E-Seleksi

Universitas Muhammadiyah Surakarta membuka pendaftaran bagi siswa kelas XII SMA/MA/SMK atau yang sederajat (tidak termasuk homescholing) untuk menjadi mahasiswa UMS sesuai dengan program studi yang dipilih. Seleksi didasarkan pada pencapaian prestasi akademik atau nilai raport kelas X s.d XII (semester 1 s.d 5) dan prestasi non-akademik yang dimiliki.

Jadwal Pendaftaran​
  1. Pendaftaran :  Buka Setiap hari mulai Selasa, 01 Desember 2020
  2. Pengumuman : Lolos seleksi berkas akan diumumkan pada akun masing-masing pendaftar. Atau dapat dilihat di web pmb.ums.ac.id setiap hari Senin/Rabu/Jumat, sesuai dengan antrian berkas yang masuk dan tervalidasi.
  3. Registrasi : Calon mahasiswa yang lolos berkas, WAJIB melakukan registrasi sesuai dengan tanggal tercetak pada sertifikat masing-masing.
Syarat Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa merupakan peserta didik SMA/MA/SMK sederajat yang akan lulus pada tahun 2021 atau telah lulus pada tahun 2020, dan 2019.
  2. Melengkapi berkas berupa scan nilai rapor asli kelas X-XII atau semestar 1 s/d semester 5 dan dilampiri halaman data diri rapor (yang berisi nama, nisn, nama orang tua dll) dalam bentuk PDF.
  3. Melampirkan scan sertifikat kejuaran akademik/non-akademik dalam bentuk PDF (jika memiliki).
  4. Biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,- (dibayarkan dengan transfer atm/m-banking/i-banking/sms-banking)
  5. Setiap pendaftar dapat memilih 2 Program Studi sesuai dengan asal jurusan di SMA/MA/SMK sederajat.
Ketentuan Tes Kesehatan dan MMPI
  1. Calon mahasiswa yang akan mendaftar di Program Studi yang mensyaratkan tes kesehatan, wajib melampirkan hasil tes kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, buta warna, dan gangguan motorik (diupload ke sistem E-Seleksi). Test Kesehatan dapat dilakukan di seluruh Rumah Sakit/ Puskesmas terdekat.
  2. Program studi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi saat pendaftaran WAJIB melampirkan hasil test MMPI atau bisa digantikan dengan Surat Sehat Kejiwaan yang dikeluarkan oleh dokter Sp KJ. Tes MMPI/ tes kejiwaan dapat dilakukan di Rumah Sakit terdekat yang menyediakan tes MMPI/ tes kejiwaan.